Kegiatan Ujian Sekolah Berstandart Nasional Sebelum Pelaksanaan UNBK

19.17.00
SMK Bustanul Ulum - Ujian Sekolah Berstandart Nasional (USBN) Merupakan sebuah ujian yang juga diwajibkan oleh pemerintah selain Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dan pada tahun ini USBN juga mempengaruhi terhadap nilai standart kelulusan siswa, oleh karenanya, pelaksanaan ini sudah tidak menjadi perkara sunnah, melainkan menjadi wajib hukumnya untuk di ikuti oleh semua siswa-siswi kelas akhir atau kelas XII, baik yang jurusan Teknik Komputer dan Jaringan maupun Jurusan Teknik Sepeda Motor.

Untuk tahun ini pelaksanaan USBN dimulai dari tanggal 14 sampai dengan tangggal 18 Maret 2019, ujian ini dilaksanakan sebelum pelaksanaan UNBK karena dikhawatirkan siswa setelah melaksanakan UNBK akan bertebaran dan merasa sudah selesai semua proses ujian yang telah ia lewati. Maka dari itu, semua ujian dilaksanakan sebelum tanggal 25 Maret karena tanggal itu merupakan puncak dari seluruh kegiatan siswa kelas akhir khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bustanul Ulum.

Ujian Sekolah Berstandart Nasional (USBN) Merupakan sebuah ujian yang juga diwajibkan oleh pemerintah selain Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dan pada tahun ini USBN juga mempengaruhi terhadap nilai standart kelulusan siswa, oleh karenanya, pelaksanaan ini sudah tidak menjadi perkara sunnah, melainkan menjadi wajib hukumnya untuk di ikuti oleh semua siswa-siswi kelas akhir atau kelas XII, baik yang jurusan Teknik Komputer dan Jaringan maupun Jurusan Teknik Sepeda Motor.

Pelaksanaan ini menggunakan dua aplikasi, semua mata pelajaran dikelompokkan menjadi dua, yang pertama mengguakan aplikasi yang diberikan dari Provinsi Jawa Timur, kelompok yang kedua mengguakan aplikasi sekolah tersendiri. adapun mapel pada kelompok pertama antara lain yaitu.
  1. Pendidikan Agama Islam ( PAI )
  2. Pendidikan Pancasila dan Kewarga Negaraan ( PPKN )
  3. Bahasa Indonesia 
  4. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
  5. Matematika
  6. Ilmu Pengetahuan Sosial
  7. Bahasa Inggris
  8. Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi

Adapun Mata Pelajaran yang menggunakan aplikasi sekolah, hususnya SMK Bustanul Ulum Anatar lain yaitu:
  1. Dasar Kejuruan TKJ dan TBSM
  2. Ilmu pengetahuan alam
  3. Bahasa madura
  4. Fisika
  5. Kewirausahaan
  6. Kimia
  7. Kompetensi kejuruan TKJ dan TBSM
  8. Seni budaya

Aplikasi sekolah yang kita gunakan adalah hasil atau produk sendiri, hal ini diharapkan bisa mengembangkan sebuah aplikasi seperti yang digunakan pada tingkatan provinsi maupun tingkatan nasional. Oleh karen itu, SMK Bustanul Ulum terus berbenah mengingat masih banyak kekurangan pada aplikasi sekolah yang kita gunakan, akan tetapi aplikasi tersebut sudah masuk dalam kategory standart nasional.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan Berikan Komentar Anda Sesuka Hati Akan Tetapi Tetap Sopan EmoticonEmoticon